Polusi udara

Posted on

Polusi udara terjadi jika limbah mengotori udara. Limbah buatan manusia merupakan sumber utama polusi udara. Polusi ini dapat berupa gas atau partikulat, yaitu zarah-zarah (partikel) kecil zat cair atau zat padat. Limbah semacam itu terutama berasal dari pembakaran bahan bakar untuk daya kendaraan bermotor atau untuk pemanasan gedung. Limbah semacam ini juga dihasilkan dari proses industri dan pembakaran limbah padat. Polutan alamiah mencakup debu, polen, dan partikel-partkel tanah.

Pertumbuhan yang cepat dari populasi dan industri, dan peningkatan jumlah kendaraan bermotor dan kapal udara telah membuat polusi udara menjadi masalah yang semakin serius di beberapa kota sejak tahun 1950. Udara koiakota ini begitu terpolusi sehingga mengganggu kesehatan orang, mengganggu tumbuhan hewan. tekstil, bahan bangunan, dan ekonomi.

Kerusakan oleh polusi udara merugikan orang-orang di Amerika Serikat sebesar $ 16 milyar pertahun, atau $75 per orang per tahun uang ini digunakan untuk pemeliharaan gedung, pembersihan, dan penggantian pakaian, dan biaya kesehatan.

Keadaan cuaca yang disebut inversi termal dapat menyebabkan polutan terkumpul dalam suatu daerah. Suatu inversi termal terjadi jika suatu lapisan udara panas tertumpangi di atas lapisan udara yang dingin yang berada di dekat daratan. Hal ini akan menghambat polutan untuk terangkat naik dan menyebar. Inversi termal ini akan berlanjut sampai ada hujan atau angin yang menghilangkan lapisan udara panas, sehingga polutan udara dapat naik.

Buangan gas dari berbagai kendaraan bermotor mengandung banyak polutan, seperti hidrokarbon dan oksida nitrogen. Oksida nitrogen di udara membantu terbentuknya ozon. Kemudian ozon dapat bereaksi dengan hidrokarbon untuk membentuk suatu polusi udara yang disebut smog, yaitu kabut yang sangat pekat. Tungku yang membakar batubara mengeluarkan oksida nitrogen, partikulat, dan oksida sulfur. Polusi udara mengganggu tumbuhan dan merusak-panenan tembakau, panenan pertanian, dsb. Tumbuhan-tumbuhan di tepi jalan yang terkena polusi udara juga akan sukar untuk tumbuh

Retna Kusuma Astuti
Hello,,,I am a woman who like writing and cooking. i am a mother and a wife from beloved ones in my life. for elongate my passion, i write this learning material for you all. Happy Learning!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *