DAMPAK KARBONDIOKSIDA TERHADAP IKLIM

Posted on

Karbondioksida, CO2 adalah gas di atmosfer yang kadarnya sangat dipengaruhi oleh pemakaian bahan bakar fosil. Pengukuran konsentrasi CO, di atmosfer antara tahun 1860 dan 1940 adalah 290 ppm (bagian per juta). Pada tahun 1980 kadar CO2 telah menjadi 336 ppm. Kalau peningkatan itu disebabkan oleh industri, maka diramalkan penambahan CO2 menjelang tahun 2100 akan menjadi sekitar 600 ppm, hampir dua kali konsentrasi di tahun 1980.

Dampak penambahan CO2 terhadap iklim adalah pemanasan atmosfer bawah di bumi yakni pada lapisan troposfer bawah karena serapan gelombang infra merah yang dipancarkan bumi akibat pemanasan bumi oleh sinar matahari. Dampak seperti ini dikenal sebagai efek rumah kaca.

Sesungguhnya lautan adalah wahana yang dapat menyerap CO2 dan menjadi salah satu sumber penyerap alamiah yang dapat mengurangi penambahan CO2 di atmosfer. Tetapi kemampuan lautan untuk menyerap CO2 hanya berlaku untuk kasus penambahan CO2 yang berasal dari kejadian-kejadian alamiah, seperti peletusan gunung berapi, terbakarnya hutan secara alamiah, kematian jasad-jasad biologis, dan lain-lain. Alam tidak siap untuk penumpukan CO2 yang bertambah secara cepat akibat industri. Sumber penyerap lainnya adalah tanaman yang ada di bumi. Itulah sebabnya hutan-hutan di kawasan tropik perlu dilindungi, karena merupakan sumber penyerap CO di atmosfer.

Beberapa model yang diajukan oleh para peneliti atmosfer meramalkan akan ada kenaikan suhu atmosfer antara 1,5°C sampai 2,6°C bagi kawasan ekuator sampai lintang 50° LU dan LS, mulai dari muka laut sampai ketinggian 15-20 km. Pengaruh gas CO2 seperti di atas tidak terjadi pada ketinggian di atas 20 km. Selain CO2 ditemukan pula molekul-molekul lain penyebab dampak rumah kaca-yaitu NO2, NH3, HNO3, SO2, CFC13, dan CF2CI2

Retna Kusuma Astuti
Hello,,,I am a woman who like writing and cooking. i am a mother and a wife from beloved ones in my life. for elongate my passion, i write this learning material for you all. Happy Learning!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *