PEMANFAATAN KEKAYAAN LAUT

Posted on

alam laut terdapat lapisan fosforit, suatu mineral yang kaya akan fosfor yang dapat dimanfaatkan untuk pembuatan pupuk kimiawi. Di dasar laut terdapat juga kalsium karbonat yang dapat dimanfaatkan dalam pembuatan semen dan pupuk. Di sana terdapat juga nodul mangan yang dapat digunakan dalam proses pembuatan baja.

Selain bahan kimiawi, laut juga kaya akan fauna dan flora. Selama ini manusia berlaku sebagai pemburu, tetapi di masa yang akan datang dapat juga berlaku sebagai pembudidaya. Di sepanjang pantai dapat dipelihara tiram mutiara dengan membangun petak-petak dan pagar pelindung. Demikian juga ikan dan udang tidak lagi hanya diburu tetapi dapat dipelihara dan dibiakkan secara besar-besaran. Tetumbuhannya dapat juga dipelihara dan dimanfaatkan.

Generator listrik dapat juga dibangun di lautan dengan memanfaatkan perbedaan temperatur, karena temperatur air laut (T) bergantung pada kedalaman (K); di daerah tropis, perbedaan temperatur yang dapat dimanfaatkan dapat mencapai 20°C. Pasang-surut yang muncul secara berkala dengan periode 24 jam dapat juga digunakan untuk membangun generator, yaitu dengan membuat bendungan-bendungan yang dapat mengumpulkan air pada saat pasang sehingga air ini dapat digunakan untuk menggerakkan turbin pada waktu surut. Semuanya itu memerlukan penelitian dan perancangan yang mendalam supaya manusia memanfaatkannya dengan sebaik-baiknya dan mencegah efek yang tidak baik.

Retna Kusuma Astuti
Hello,,,I am a woman who like writing and cooking. i am a mother and a wife from beloved ones in my life. for elongate my passion, i write this learning material for you all. Happy Learning!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *